w3lc0m3 t0 m3LoDy_Pu7@n99@

53l@m@t___m3mb@c@

Kamis, 18 Maret 2010

Janji Ilalang

Di minggu ketiga bulan ini tepat hari yang kau janjikan tiba,4tahun lalu kau berjanji pada ku akan temui aku di pondok tengah ilalang yang tumbuh menjulang bertembok anyaman yang usang.Sayang,aku akan menunggu mu hingga mentari tertidur dan pijar bintang menyapaku.Tempat ini masih indah sama seperti saat dulu kau temui aku untuk pertama kalinya kau lantunkan bait-bait sayang dan syair-syair cinta dari hati mu.

Sayang,resah hati ini sosok mu yang tegap tak kunjung kulihat menyelinap di mataku,kau dimana sayang ku menanti mu sedari pagi saat mentari baru naik kesinggahsanahnya.Helaan nafas ku mulai berbada kecemasan tapi bukan cemas yang tanpa alasan,Sayang apakah kau lupa akan janji mu itu ?? (ku bertanya pada ilalang di sekirat ku) padahal hari ini adalah hari yang ku nanti dimana hari ini kau janjikan lamaran untuk ku untuk ikat perahu cinta kita di pelabuhan / dermaga pelaminan,tapi kau tak kunjung datang hingga sinar bintang berkedip menyapa ku.

********
Ku pulang dengan sekantung kekecewaan di penantian yang tak terjawab,sayang kau kenapa tak datang dan tak tepati janji mu itu,ataukah esok kau akan datang ??? baiklah sayang aku akan menanti mu dsatang di rumah ini di desa ini di mana hanya ada aku dan orang tua ku.

Ingin rasanya ku menghubungimu akan tetapi ku ingat pesan mu diakhir tahun lalu,kalau aku tak boleh menghubungi mu sampai waktunya kau dan aku lepaskan rindu tepat di hari kau akan datang tuk tepati janji...tapi kau tak datang kemarin sayang,aku akan tunggu diri mu datang hingga bulan depan harapan ku dalam hati.

Bulan ini akan habis dan pastinya bulan depan akan datang tapi tak ada kabar dari mu di pulau sana,kau sibuk dengan bisnis mu di perusahaan orang tua mu.

********
Ini awal bulan baru ,kau masih juga tak tampakkan diri.Suatu pagi bapak memanggil ku dari halaman depan rumah;
bapak: Julia,sini nak !! ini ada kiriman paket untuk mu.
julia: ya pa (dengan sedikit berlari julia menuju halam depan)
julia: Hufff.....ya pa mana peketnya pa?dari siapa pa?(julia memberondong pertanyaan pada bapaknya dengan nafas yang masih terengah-engah belum beraturan akibat berlari menuju halaman depan tadi)
bapak: ini nak,tapi tak ada nama pengirimnya (di depan paket itu hanya ada nama julia dan alamat rumahnya saja)
julia: pa,ku pamit kekamar ya ku akan membuka paket ini di kamar saja.
bapak: silakan anak ku.
(julia pun berlalu dari hadapan bapaknya dan menuju kamarnya)

Dikamar yang tak begitu besar dan lampunya tak terang lagi julia membuka perlahan isi paket yang tertuju untuk nya,di paket itu ada dua buah amplop yang satu surat dan yang satu entah lah apa isinya,dengan penasaran julia membaca surat itu dia merobek amplop surat itu perlahan,dan membaca surat itu:

Makasar,2008
kepada
Julia Amelia
di.tempat

Assalamuallaikum wr.wb

Hai julia apa kabar mu? aku dan keluarga di makasar dalam keadaan baik-baik saja semoga keadaan mu dan keluarga di sana juga baik-baik saja.
Julia pada surat ini ingin aku sampaikan rasa maaf ku pada mu karena ku tak tepati janji ku dibulan lalu,ku tau pasti kau menunggu ku hingga malam bermandikan kunang-kunang dan bintang berpijar menyapa mu.

Julia,maafkan aku ya? sepertinya....berat rasanya aku bicarakan ini pada mu tapi ini harus ku bicarakan pada mu julia...sepertinya kita tak akan membawa perahu cinta kita kepelabuhan karena aku telah terikat oleh wanita lain ini adalah kemauan ayah ku yang sedang sekarat julia aku tak mau menentang dan dianggap anak durhaka walau aku masih mencintai dan menyayangi mu,tapi ku tak bisa berbuat banyak karena aku adalah satu-satunya harapan orang tua ku kamu tau kan kalau aku ini anak satu-satunya di keluarga ku...maka dari itu cuma aku yang mereka harapkan dan cuma aku yang mereka punya.Ini perjodohan julia aku di jodohkan oleh ayah ku dengan anak rekan bisnisnya yang sudah bagaikan sodara bagi keluarga ku.Maafkan aku julia ku harap kau mengerti dan mau memaafkan aku dan keluarga ku yang telah melukai hati mu,ku yakin julia tuhan akan kirimkan kau penggantiku yang melebihi aku dan yang akan buat mu bahagia bukan yang membuat mu sakit seperti aku ini.

Julia,dalam paket ini aku kirimkan undangan ku ku harap kau bisa hadir di acara ku julia acara pernikahan ku agar aku dapat melihat mu sebelum aku memulai hidup ku yang baru...ku sangat berharap kau datang julia.(dengan tangan bergetar dan pipi yang basah oleh air mata julia membuka paket itu dan dia meraih undangan itu undangan yang seharusnya ada dia dan romi tapi ini romi dan wanita yang di jodohkan dengan nya undangan itu berwarna biru lautdengan dihiasi foto kedua mempelai saat prawedding oh...semua ini menyesakkan dada nafas julia berasa menjauh dari raganya di undangan itu tertulis:

hari : sabtu malam minggu
tanggal/jam:05 maret 2008 /08.00 sampai dengan selesai
tempat:rumah mempelai wanita jl.dewi sartika no.5 makasar

dan pada bagian akhirnya ada nama kedua mempelai Romi dan Aulia

Dengan mengingat dan mengamati undangan itu,julia seolah kenal dengan wanita yang ada di foto itu.Aulia,mungkin kah ini aulia amalia saudara kembarnya yang diadopsi oleh tante sintia dan om adam teman bapak kerja dulu yang tiba-tiba menghilang tanpa kabar,kalau memang benar dia adalah saudara ku dan kalau pun bukan biarlah dia berhak tuk bahagia biarlah aku saja yang rasakan sakit ini.aku ikhlas.
(julia kembali pada surat yang belum selesai dia baca)

Julia,semoga kamu mengikhlaskan dan rela aku mohon maaf sebesar-besarnya pada mu julia,sekian yang ingin aku sampaikan semoga kita tetap bisa menjadi teman dan saudara ya julai..terimakasih kau telah membaca surat ku ini yang ku tau ini teramat menyakitkan untuk mu tentunya untuk ku juga tapi inilah waktu sang prantara tuhan yang bicara...aku selalu menyayangi mu julia.

Wassalam,
Romi Andika

sesak di dada julia dan akhirnya julia menutup paket itu dan dia menyimpannya dan tak ingin membukanya lagi.

********

05 Maret 2008,saat ini adalah hari bahagia romi dan aulia tapi julia tak dapat hadir karena terlalu perih rasanya bila dia menyaksikan pria yang dia sangat sayangi mersanding di pelaminan dengan orang lain,kini hanya do`a restu dari jauh yang dapat dia berikan untuk mereka,karena itulah yang dapat julia lakukan saat ini.

********

06 Maret 2008,hari ini tepat setelah satu hari pernikahan romi dan aulia.Mulai hari ini julia bertekad dan berniat untuk belajar dewasa dan ikhlas walau berat rasanya tetapi dia tetap akan berusaha.09.00 sepagi itu julia telah duduk diantara ilalang di pondok tua yang penuh dengan kenangan dan impian antara julia dan romi ...tapi sudahlah kini dia telah bahagia,aku pun harus bahagia walau tanpa cintanya aku pasti bisa rasakan bahagia karena tuhan pasti kirimkan pengganti yang lebih darinya,julia membuat motivasi baru untuk hidupnya sendiri di lembaran yang baru yang akan dia tapaki dan dia membuat janji pada ilalang dengan bait kata-kata yang telah dia rangkai:

# Janji Ilalang #
Ilalang....
kau saksi hidup cintaku yang telah pupus kini
Ilalang...
kau saksi penantian panjang ku yang telah sirna
Ilalang...
Pada mu ku ingin berjanji ...
Hadapi hidup tanpa masa lalu
Masalalu adalah pijakan ku untuk masa depan lebih indah
Ilalang....
Cinta pasti datang....
Ilalang...
Ku berjanji pada mu

sehingga mulai saat itulah julia menyebut 06 Maret adalah sebagai hari janji ilalang.


oleh: Adhe nitha
date:07 maret 2010
time:17.00wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar